Pembentukan Bayangan pada Cermin
Pengertian Cermin
Cermin adalah kaca bening yang salah satu permukaannya dilapisi raksa sehingga dapat memantulkan cahaya yangditerimanya. Cermin dibagi menjadi 3 macam, yaitu :1.Cermin Datar Cermin datar adalah kaca yang salah satu permukaannya dilapisi amalgam perak. Cermin datar dapat memantulkan seluruh berkas cahaya yang jatuh kepadanya.Sifat-sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar yaitu :a) Bayangannya bersifat maya.b) Sama besar dengan bendanya. c) Tegakd) Menghadap terbalik dengan bendanya. e) Jarak bayangan ke cermin sama dengan jarak benda ke cermin (jarak bayangan = jarak benda)2.Cermin CekungCermin cekung adalah cermin yang permukaan bidang pantulnya melengkung ke dalam (cekung).Cermin cekung disebut juga cermin konkafatau cermin positif.Cermin cekung bersifat mengumpulkan sinar pantul (konvergen). Ketika sinar-sinar sejajar dikenakan pada cermin cekung, sinar pantulnya akan berpotongan pada satu titik, yang dinamakan titik api atau titik fokus (F).Sifat – sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung :a) Mayab) Sama tegak c) Diperbesar Bagian-Bagian Cermin Cekung
M : Titik pusat kelengkungan cermin.F : Titik fokus.O : Titik pusat permukaan cermin.OF : Jarak fokus, panjangnya ½ jari-jari kelengkungan cermin (f).OM : Sumbu utamaR1, R2, dan R3 : Ruang di depan cermin.R4 : Ruang di belakang cermin.
Sinar – sinar istimewa pada cermin cekung

M : Titik pusat kelengkungan cermin.F : Titik fokus.O : Titik pusat permukaan cermin.OF : Jarak fokus, panjangnya ½ jari-jari kelengkungan cermin (f).OM : Sumbu utamaR1, R2, dan R3 : Ruang di depan cermin.R4 : Ruang di belakang cermin.
Sinar – sinar istimewa pada cermin cekung
- Sinar datang sejajar dengan sumbu utama akan dipantulkan melalui titik fokus.
- Sinar datang melalui titik pusat lengkungan cermin akan dipantulkan ke titik itu juga
Pembentukan bayangan pada cermin cekung1. Jika objek terletak di ruang III, maka bayangan yang terbentuk terletak di ruang II yang bersifat nyata, terbalik, dan diperkecil.
2. Jika objek terletak di titik M, maka bayangan yang terbentuk adalah nyata, tebalik, dan sama besar.
4. Jika objek terletak di titik F, maka bayangan yang terbentuk adalah maya dan tak terhingga.
5. Jika objek terletak di ruang I, maka bayangan yang terbentuk berada di ruang IV yang bersifat maya, tegak, dan diperbesar.
3.Cermin CembungCermin cembung adalah cermin lengkung yang permukaan bidang pantulnya berbentuk cembung. Cermin cembung disebut juga cermin konveks atau cermin negatif.Sifat – sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung : a) Maya b) Sama tegak c) DiperkecilBagian- Bagian Cermin Cembung
M : Titik pusat kelengkungan cermin. F : Titik fokus. O : Titik pusat permukaan cermin. OF : Jarak fokus, panjangnya ½ jari-jari kelengkungan cermin. OM : Sumbu utama cermin.
Sinar – sinar istimewa pada cermin cembung
- Sinar datang sejajar sumbu utama akan dipantulkan seolah-olah berasal dari titik fokus.
- Sinar datang seolah-olah menuju titik fokus akan dipantulkan sejajar sumbu utama.
- Sinar datang yang menuju pusat kelengkungan cermin, akan dipantulkan seolah-olah berasal dari pusat kelengkungan yang sama.
Benda yang terletak di depan cermin cembung akan selalu menghasilkan bayangan di belakang cermin dengan sifat maya, sama tegak dan diperkecil.
Hubungan antara Jarak Benda (s), Jarak Bayangan (s’), dan Jarak Fokus (f) pada cermin cembung dan cekung ditentukan oleh:
Pada cermin cembung, nilai f adalah negatif (-)Pembesaran Pada Cermin Cembung dan Cermin Cekung dapat ditentukan dengan:
Untuk menghitung tinggi benda dan tinggi bayangan pada cermin cembung dan cermin cekung, menggunakan rumus:
Keterangan :f = jarak fokus cermin (cm atau m)So = jarak benda (cm atau m) Si = jarak bayangan (cm atau m)M = pembesaranh' = tinggi bayanganh = tinggi bendax
numpang promote ya min ^^
BalasHapusbuat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||